Mengenal "Konsep Sehat - Sakit"

<b>Mengenal “Konsep Sehat – Sakit”</b>

Sehat menurut WHO adalah suatu kondisi kesejahteraan yang sempurna dari fisik, mental dan social dan tidak hanya terbebas dari sakit atau keterbatasan. Definisi ini bila dilihat masih belum merefleksikan konsep sehat sebagai perubahan yang dynamis dan konstan. Ahli sosiologis memandang sehat sebagai suatu kondisi yang mengijinkan pencarian dan kesenagan nilai budaya yang diinginkannya. Nilai-nilai ini termasuk kemampuan untuk melakukan aktifitas sehari-hari seperti bekerja dan melakukan pekerjaan rumah tangga.

Banyak orang memandang kesehatan sebagai tingkat kesejahteraan. Menurut definisi ini, seorang berjuang untuk mendapatkan potensi yang dimilikinya secara penuh. Definisi ini memberi pandangan yang lebih subyektif dan holistic.

Sementara itu, sakit didefinisikan sebagai sakit atau penyimpangan dari kondisi sehat. Definisi ini mempunyai konsep yang lebih luas dari sekedar penyakit. Penyakit umumnya merujuk pada masalah biologis atau psikologis yang spesifik yang didukung dengan manifestasi klinis dan menyebabkan malfungsi dari organ atau system tubuh. Sakit disisi yang lain, terjadi jika sesorang tidak lagi dalam suatu kondisi merasa “normal” sehat. Seseorang mungkin mempunyai penyakit tetapi tidak menjadi sakit pada saat itu karena tubuhnya telah beradaptasi dengan penyakit tersebut.

Berdasarkan beberapa definisi di atas, konsep sehat sakit merupakan suatu kondisi yang sangat dinamis yang akan dipersepsikan secara berbeda berdasarkan ilmu yang dimiliki serta dipengaruhi oleh keyakinan dan budaya yang dianut oleh seseorang. Karakteristik untuk menentukan sehat sakit bisa jadi bersifat subyektik atau obyektif atau mungkin keduanya. Orang yang suka menyakiti orang lain mungkin menganggap dirinya sehat ketika tubuhnya secara fisik sehat, menurut pandangannya. Namun orang lain mungkin akan mengatakan bahwa orang tersebut secara psikologis, sakit. Kesadaran orang akan sehat dan sakit menjadi sangat berarti untuk mewujudkan kondisi sehat yang diinginkannya. Dengan demikian, mengetahui dan mengenal “sehat sakit” ini akan menyadarkan terhadap diri apakah kita saat ini sedang sakit atau dalam kondisi sehat.

Referensi

Archer, Elizabeth A. (2007). Fundamentals of Nursing Made Incredibly Easy! (1st edition): Lippincot Williams & Wilkins.